Minggu, 16 Agustus 2015

Fakta Unik Bata Merah

7 Fakta Unik Tentang Bata Merah
  1.  Bata adalah insulator yang baik. Bata merah menyerap panas matahari ketika siang hari dan melepaskannya setelah matahari tenggelam. Bila pada waktu puncak panas disiang hari suhu udara dalam ruangan akan terasa nyaman dan mengurangi konsumsi energi untuk AC ataupun kipas angin.
  2. Bata merah dikenal sangat awet dan tahan lama. mampu bertahan di suhu yang ekstrim sekalipun.
  3. Tembok besar cina dibangun sekitar 210tahun sebelum masehi dibuat dari 3,873,000,000 buah bata.
  4. Warna merah yang dihasilkan dari bata merah  berasal dari mineral yang dihasilkan oleh kualitas tanah liat. contoh yang paling terlihat adalah merahnya bata semakin banyak kandungan aluminium silikanya maka akan semakin keras dan padat. sedangkan semakin pucat warna bata maka semakin banyak kandungan lime didalamnya.
  5. Selain kandungan mineral dari bata merah, warna merah yang dihasilkan dari bata merah juga dari seberapa panas api waktu pembakaran. Intinya, semakin panas suhu yang dipakai maka semakin gelap warna yang dihasilkan
  6. Bata masakini juga ada yang terbuat dari campuran pasta aluminium yang dicampur dengan abu batu bara atau fly ash.
  7. Bata merah mempunyai efisiensi yang tinggi ketika dibuat. satu kilogram tanah nyaris menghasilkan berat yang serupa ketika sudah menjadi bata merah. dan juga sedikit sekali kelembapan dan mineral yang hilang selama proses pembakaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar